Faktor yang Mempengaruhi dan Keuntungan Menjadi PNS atau ASN

Menjadi seorang aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) ini memang menjadi impian banyak orang, termasuk untuk para millennial dan juga gen Z. Bagi Anda yang termasuk didalamnya Anda ini harus tahu dulu jika setiap PNS ini memiliki gaji yang beda-beda. Perbedaan untuk gaji PNS ini di tetapkan oleh beberapa faktor. Pada kesempatan ini Berita bisnis fortune Indonesia akan memberi informasi mengenai faktor apa saja yang mempengaruhinya.

1. Masa kerja

Faktor yang paling pertama adalah masa kerja. Jadi gaji untuk PNS yang masih pemula dan sudah senior sudah pasti beda, semakin lama masa kerja pegawai maka gajinya ini akan jadi semakin besar. Pendapatan Anda sebagai PNS ini juga mengalami kenaikan seiring dengan berjalannya waktu dan peningkatan di jenjang karir.

2. Tempat dinas

Lokasi untuk PNS ini di bedakan berdasarkan wilayah dan daerah, sebuah wilayah ini bisa mempengaruhi perbedaan pada gaj hal ini di sebabkan seriap daerah ini memiliki tingkat perekomian yang berbeda. Jadi gaji untuk PNS di setiap tempat ini sudah di pastikan berbeda.

3. Golongan

Golongan dari PNS ini juga mempengaruhi besaran gajinya, penetapan pangkat ini didasarkan dengan tingkat pendidikan terakhir yang sudah di tempuh dan jenjang karier yang terus meningkat. Supaya pangkat PNS ini jadi semakin meningkat maka tingkat pendidikan juga harus semakin tinggi supaya pengalaman Anda berkarir lebih meningkat.

4. Jabatan

Jabatan yang dimiliki oleh Aparatur Sipil Negara ini cukup beragam ada perbedaan jabatan antar pegawai  ini bisa berpengaruh juga kepada nominal gaji. Hal ini karena beban kerja serta tanggung jawa untuk setiap jabatan pastinya beda-beda jadi untuk mengapresiasi PNS gaji juga dibedakan.

5. Jumlah tanggungan

Paling terakhir adalah jumlah tanggungan, hal ini juga bisa mempegaruhi perbedaan untuk gaji PNS. Dalam hal yang satu ini jumlah untuk tanggungan anak yang dibebankan jadi tanggung jawab pemerintah. Pemerintah ini menetapkan maksimal 3 anak, termasuk juga untuk anak angkat.

Keuntungan Menjadi PNS atau ASN

1. Penghasilan yang Tetap

Pertama adalah memiliki penghasilan yang tetap, beda dengan karyawan swasta yang penghasilannya ini di tentukan dengan kondisi industri dan juga performa untuk perusahaan. Penghasilan yang di dapatkan oleh PNS ini cenderung stabil. Meningkatnya gaji PNS ini biasanya akan lebih tinggi dari inflasi tahunan, jadi bagi Anda yang ingin punya pendapatan yang stabil sangat cocok untuk jadi PNS.

2. Terbebas dari PHK

Kedua adalah bebas dari PHK, hal ini disebabkan PNS ini harus terus melayani masyarakat walaupun ada krisis ekonomi. Tapi jika ada kasus yang mendesak mungkin bisa saja di bubarkan, semuanya akan tergantung sesuai dengan kebijakan dari pemerintah. Tapi biasanya PNS hanya akan di pindahkan ke lembaga lainnya yang masih aktif.

3. Mendapatkan Tunjangan Pensiun

Ketiga mendapat tunjangan pensiun, hal ini karena adanya timbal bali PNS kepada negara. Jadi saat sudah tidak menjabat pemerintah ini akan tetap memberikan gaji setiap bulannya untuk PNS, semuanya sesuai dengan ketentuan undang-undang. Bahkan untuk pensiunan PNS yang suaminya telah meninggal istrinya ini masih mendapatkan gaji pensiunan.

4. Jenjang Karir yang Jelas

Terakhir adalah jenjang karir untuk PNS ini jelas karena memang sudah di atur oleh negara didalam undang-undang. Meningkatnya jabatan ini bisa membuat fasilitasm tunjangan, dan gaji membuat kehidupan PNS jadi terjamin.

Leave a Comment