Berikut Beberapa Fakta Menarik Bank BCA Yang Harus Kamu Ketahui

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Thailand banyak yang bertanya-tanya tentang Bank BCA seperti perbedaan BI fast dan real-time online BCA, siapa pendiri BCA dan masih banyak lagi. Didirikan pada 21 Februari 1957 yang mulanya bernama Bank Central Asia NV, gimana BCA juga pernah menjadi bagian penting dari Salim group.

Pencet ini Bank BCA sudah dimiliki oleh salah satu grup perusahaan rokok terbesar di dunia apalagi kalau bukan jarum. Nanti pada berlama-lama langsung saja kita akan membahas beberapa fakta menarik Bank BCA yang harus kamu ketahui, penasaran seperti apa? Sini aku rasanya sebagai berikut.

1. Didirikan oleh Sudono Salim

Sudono Salim merupakan pendiri dari Bank BCA yang mana pada tahun 1995 NV Perseroan Dagang dan Industri Semarang Knitting Factory dan ini merupakan awal mula BCA tercipta. Sendiri mendirikan BCA mulai 21 Februari 1957 yang mana kantor pusatnya berada di Jakarta.

Selain itu pada 1 Mei 1975 pengusaha yakni Mochtar Riady, juga ikut bergabung di Bank BCA. Itu Iya bertugas untuk memperbaiki sistem kerja di BCA serta merapikan arsip-arsip yang terdapat di Bank BCA. Sebab saat itu ruang-ruang dan Kantor BCA terdapat sarang laba-laba.

2. BCA Merger dengan dua bank di tahun 1977

Siapa sangka bahwa di tahun 1977 BCA melakukan merger dengan dua bank lain antara lain Gemari yang dikelola oleh Yayasan Kesejahteraan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Kalau itu bank Gemari dijadikan sebagai kantor cabang dari Bank BCA. Hebatnya merger tersebut dapat membuat BCA mampu menjadi Bank devisa.

Sedangkan menurut George Aditjondro, yang merupakan seorang penulis buku di mana ia kerap mengkritik gaya kepemimpinan Presiden Soeharto yang dianggap koruptif. Katanya hal tersebut dapat dilihat dari anak-anak Soeharto yang juga memiliki saham di Bank BCA antara lain adalah Siti Hardianti dan Sigit Jarjojudanto. Punya bahkan sempat memiliki saham di Bank BCA sebesar 32%.

3. Bank BCA yang bekerjasama dengan MasterCard dengan tujuan untuk mengeluarkan kartu

Fakta menariknya dari Bank BCA yakni di awal tahun 1980-an yang mana Bank BCA memberikan permohonan kepada Bank Indonesia supaya bank hujan diperbolehkan untuk mengeluarkan serta menghindarkan kartu kredit atas nama BCA yang berlaku internasional. Maka dari itu Bank BCA harus bekerja sama dengan MasterCard.

Tidak sampai di situ saja BCA juga bahkan memperluas jaringan kantor cabangnya secara pesat dan sejalan dengan deregulasi sektor perbankan di Indonesia. Bahkan BCA juga mengembangkan bermacam produk serta layanan dan pengembangan teknologi informasi. Pengembangan tersebut menerapkan online sistem yang diperuntukkan untuk jaringan kantor dan meluncurkan Tabungan Hari Depan (tahapan) BCA.

4. Bank BCA mulai mengembangkan ATM di tahun 1991

BCA menang terus-terusan mengembangkan sistem dan layanannya hingga pada tahun 1990-an BCA mulai mengembangkan alternatif jaringan layanan lewat ATM. Berlanjut ke tahun berikutnya yakni tahun 1991, BCA juga mulai menyebarkan 50 unit ATM di beberapa titik Khususnya di Jakarta.

Yang mana pengembangan tersebut dilakukan secara intensif mulai dari jaringan dan fitur atm-nya. Di sisi lain BCA juga bekerja sama dengan menggaet institusi yang cukup terkemuka yakni PT Telkom. Kerjasama tersebut dilakukan untuk pembayaran tagihan telepon lewat ATM BCA. Tidak hanya dengan PT Telkom, BCA juga melakukan kerjasama dengan Citibank yang dilakukan supaya nasabah BCA dapat memegang kartu kredit Citibank agar dapat melakukan pembayaran tagihan lewat ATM BCA.

Itulah beberapa informasi yang dapat kamu sampaikan seputar beberapa faktor menarik Bank BCA yang harus kamu ketahui. Dengan formasi di atas dapat bermanfaat dan menambah alasan konsumen, terimakasih.

Leave a Comment