7 Macam Penyebab Kucing Muntah

Sama seperti manusia, kucing juga bisa muntah karena berbagai alasan. Ada Beberapa penyebab muntah kucing relatif jinak dan bahkan dapat sembuh dengan sendirinya, ada juga sebagian yang lain bisa jauh lebih serius. Berikut ini adalah beberapa alasan paling umum mengapa kucing muntah.bola rambut

Saat kucing menjilati diri mereka sendiri, lidah kasar mereka menarik bulu lepas dari mantel mereka yang kemudian ditelan. Rambut dalam jumlah besar dapat menumpuk di perut dan tidak mudah dicerna, menyebabkan kucing memuntahkan bola rambut.

Penyebab kucing muntah ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jika kucing Anda sering mengalami kerontokan bulu, Anda mungkin ingin mengatasinya dengan dokter hewan. Dalam beberapa kasus, hairball bisa menjadi tanda awal masalah pencernaan.

1.      Gastroenteritis

Gastroenteritis pada dasarnya adalah istilah mewah untuk sakit perut, yang dapat terjadi sebagai akibat dari ketidakhati-hatian diet, racun, atau efek samping pengobatan, antara lain. Beberapa penyebab gastroenteritis ringan dan akan sembuh dengan sendirinya, tetapi yang lain bisa lebih serius dan memerlukan perhatian dokter hewan.

2.      Benda Asing atau Penghalang

Jika kucing Anda memakan benda asing—seperti mainan, seutas tali, ikat rambut, atau benda asing lainnya—ini dapat menyebabkan penyumbatan dan kerusakan pada saluran pencernaan yang dapat menyebabkan muntah. Penyebab muntah ini serius dan membutuhkan perhatian dokter hewan segera.

3.      Alergi Makanan dan Penyakit Radang Usus

Alergi cukup jarang terjadi pada kucing, tetapi dapat menyebabkan muntah karena peradangan pada saluran pencernaan yang terjadi saat kucing memakan makanan pemicu. Beberapa kucing mungkin juga mengalami diare kronis akibat kondisi ini.

4.      Penyakit Sistemik

Penyakit kronis seperti penyakit ginjal , pankreatitis, dan hipertiroidisme semuanya dapat menyebabkan mual dan muntah kronis karena berbagai mekanisme. Mengatasi penyebab muntah ini memerlukan identifikasi kondisi yang mendasarinya, dan banyak dari kondisi ini memerlukan manajemen seumur hidup.

5.      Parasit

Penyebab muntah ini lebih sering terjadi pada anak kucing, tetapi dapat terjadi pada hewan dari segala usia. Terkadang, pemilik hewan peliharaan bahkan akan melihat cacing hidup di dalam muntahannya. Kabar baiknya adalah bahwa mengobati parasit sering mengatasi muntah.

6.      Kanker

Kanker saluran pencernaan cukup umum pada kucing dan dapat menyebabkan muntah dengan mengganggu pencernaan normal. Kanker di area tubuh lainnya juga dapat menyebabkan perasaan mual, tidak nyaman, dan malaise yang juga dapat menyebabkan muntah.

Leave a Comment