Kriteria Penting dalam Memilih Program Pelatihan Kerja Bersertifikat yang Bagus

Pandemi agaknya menyadarkan banyak orang bahwa memiliki satu bidang pekerjaan atau keahlian saja ternyata tak cukup untuk membuat Anda aman, faktanya ada banyak orang yang terkena PHK di tengah pandemi, karena perusahaan tempat mereka bekerja tersebut mengalami kebangkrutan. Tak jarang juga diantaranya pelaku usaha yang terpaksa harus gulung tikar karena memang usaha menjadi sepi disebabkan daya beli masyarakat yang turun. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mengikuti program pelatihan kerja bersertifikat.

Pelatihan kerja ini tak sekedar dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang saja, melainkan juga berguna dalam membantu meningkatkan skill yang dimiliki. Sehingga nantinya punya kompetensi yang lebih dibandingkan dengan yang lain, saat menjadi karyawan maupun ingin terjun ke dunia bisnis, paling tidak sudah ada ilmu yang Anda kantongi. Program pelatihan semacam ini adalah hal yang nyatanya sangat penting untuk dipertimbangkan, karena memang jangka waktu pelatihannya tak lama, namun nantinya sudah bisa mendapatkan keterampilan baru dan sertifikat pula, tanpa harus sekolah lagi tentunya.

Namun dalam memilih lembaga untuk program pelatihan kerja bersertifikat ini sendiri agaknya juga tidak boleh sembarangan, ada banyak hal yang patut diperhatikan sehingga mendapatkan yang bagus, berikut ini diantara kriterianya, yaitu:

  1. Lembaga pelatihan sudah berpengalaman dan punya reputasi yang bagus, hal pertama dan penting untuk diperhatikan disini adalah apakah lembaga pelatihan tersebut sudah berjalan lama atau berpengalaman di bidang tersebut ataukah baru saja buka dan sekedar ikut-ikutan, mengingat memang banyak diantaranya yang sekedar ikut-ikutan saja. Cari juga yang memiliki reputasi bagus, dengan demikian maka nantinya bisa meminimalisir resiko masalah yang mungkin saja timbul.
  2. Memiliki mentor yang berpengalaman di bidangnya, kriteria penting dan tidak boleh diremehkan adalah hendaknya Anda juga memperhatikan apakah mentor tersebut sudah berpengalaman di bidangnya ataukah belum, bagaimanapun juga nantinya mentor inilah yang memiliki peran penting dalam menyampaikan ilmu tersebut, jika seandainya mereka sendiri bukan orang yang berpengalaman di bidangnya dan juga kompeten, pastinya tampak seperti apa yang diajarkan hanyalah omong kosong atau sekedar materi bacaan saja.
  3. Menjamin garansi, hendaknya pilih juga yang sudah menjamin garansi, sehingga dengan demikian jika Anda tidak lulus tes untuk mendapatkan sertifikat misalnya, maka juga ada kesempatan yang dapat digunakan untuk mengulanginya kembali. Karena akan sangat percuma mengikuti training jika seandainya Anda sendiri tidak mendapatkan manfaat dan sertifikatnya.
  4. Menawarkan harga yang bersaing, sesuai dengan manfaat yang diberikan. Bukan sekedar harga murah namun kualitasnya murahan. Lebih aman cari yang tawaran harganya bersaing. Namun tetap memberikan ilmu yang bermanfaat. Karena juga tak ada jaminan jika seandainya program pelatihan yang mahal kualitasnya juga akan bagus.
  5. Memiliki banyak program pelatihan, tak sekedar satu melainkan juga harus ada banyak tawaran program pelatihan yang ada. Dengan demikian maka nantinya Anda juga dapat dengan bebas untuk pilah-pilih setidaknya bentuk pelatihan manakah yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Program pelatihan kerja bersertifikat yang memiliki semua kualitas di atas percayakan hanya pada Prasmul-ELI. Lembaga yang satu ini termasuk salah satu yang sudah berpengalaman di bidangnya, apalagi juga telah hadir cukup lama dan banyak dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia, untuk memberikan pelatihan kepada karyawan mereka. Cek selengkapnya di halaman ini

Leave a Comment