Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Asuransi Mobil Bisa Cepat Di Klaim!

 

Ketika akan melakukan klaim asuransi mobil untuk anda menginginkan proses yang cepat dan gampang. Untuk itu, anda perlu mengetahui beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan agar klaim mobil yang diasuransikan  bisa dilakukan dengan cepat.

Melakukan klaim untuk asuransi jenis mobil tentu saja sama dengan Asuransi lain. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar asuransi bisa diklaim sesuai prosedur. Perhatikan berikut ini beberapa diantaranya.

1. Menghubungi Pihak Asuransi

Yang pertama tentu saja Anda harus langsung menghubungi pihak perusahaan asuransi ketika terjadi masalah seperti kecelakaan, mobil rusak akibat bencana alam atau hilang. Biasanya cara pelaporan untuk klaim asuransi mobil adalah 3 x 24 jam setelah kejadian.

Pelaporan ini lebih cepat lebih baik saat dilakukan agar proses klaim dan survei bisa juga cepat dilakukan. Anda harus menjelaskan secara detail pada perusahaan asuransi, bagaimana kronologi yang terjadi sehingga mengakibatkan mobil mengalami masalah. Atau jika mobil mengalami kecelakaan, bisa memanggil layanan mobil derek hingga perbaikan pada bengkel rekanan. Nantinya asuransi akan membantu klaim mobil anda.

2. Bawa Semua Bukti

Agar proses klaim lebih cepat dan juga mudah dilakukan tentu anda harus membawa bukti-bukti penting. Bukti-bukti ini membantu anda untuk tidak dianggap bersandiwara atas peristiwa yang terjadi pada mobil sehingga perusahaan harus mengganti asuransi.

Jika memang terjadi kecelakaan maka anda harus memberikan bukti fisik berupa foto badan mobil yang mengalami kerusakan. Saat mobil hilang maka anda perlu adanya bukti video CCTV.

3. Menjelaskan Semua Kronologi

Melakukan klaim pada asuransi mobil tentu anda harus benar-benar menjelaskan kejadian yang terjadi pada mobil anda. Anda memang harus menceritakan peristiwa secara lebih konkrit dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan ketika akan klaim asuransi kendaraan. Anda harus mengingat betul kronologi kejadian mulai dari lokasi, waktu kejadian, posisi pengemudi saat terjadi masalah dan masih banyak lagi.

4. Melengkapi Semua Dokumen Penting

Baik asuransi mobil all risk maupun TLO maka penting untuk melengkapi dokumen yang diperlukan saat melakukan klaim asuransi. Biasanya dokumen yang dibutuhkan adalah ditentukan berdasarkan kebutuhan tim dan juga kejadiannya. Misalnya untuk klaim kecelakaan maka anda memerlukan formulir pengajuan klaim, surat keterangan dari polisi, fotocopy polisi untuk asuransi mobil dan juga fotokopi KTP serta SIM. Jangan lupa membawa bukti-bukti yang konkrit berupa foto setelah kecelakaan terjadi.

Lalu ketika kecelakaan melibatkan orang lain, maka Anda membutuhkan data diri dari pihak ketiga dan surat keterangan polisi serta surat pernyataan atas tuntutan ganti rugi. Sementara untuk klaim atas kehilangan mobil Maka Anda membutuhkan formulir pengajuan klaim, data diri, STNK, surat keterangan polisi dan surat bukti pemblokiran STNK.

Nah itu tadi empat cara yang bisa anda lakukan untuk membantu klaim asuransi mobil lebih cepat. Jadi tentu saja Anda harus memahami terlebih dahulu poin-poin di atas sebelum melakukan klaim asuransi. Karena asuransi untuk kendaraan sangat penting, maka anda perlu memilih tempat membeli asuransi yang tepat. Salah satunya yaitu untuk asuransi jenis mobil Anda bisa memilih platform Lifepal. Disini anda akan mendapatkan premi asuransi lebih murah dan terdapat diskon 25%. Untuk premi tiap bulannya mulai dari 100 ribuan saja. Anda tentu bisa membeli asuransi secara online lewat Lifepal. Untuk informasi selanjutnya Anda bisa mengunjungi website resmi Lifepal.

Leave a Comment