TIPS REVOLUSI KEMASAN AGAR DILIRIK PEMBELI DARI PADI UMKM

Keunggulan platform digital jual barang dan jasa Pemerintah ini, tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga para pelaku usaha UMKM untuk memperoleh calon konsumen untuk membeli produk mereka. Latar belakang kemunculan platform digital ini adalah semangat kebersamaan pelaku bisnis Indonesia yang didukung oleh pemerintah Indonesia untuk mengangkat ekonomi nasional dan memprioritaskan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Produk dan jasa yang berkualitas dengan tampilan terbaik maka akan semakin dilirik buyer agar mereka siap membeli dan konsumsi, terutama jika harga yang diselingi juga mampu bersaing dengan yang lain baik nasional maupun internasional bahkan dengan kualitas yang sangat baik.

Seperti yang diharapkan Platform Digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini, mereka berkeinginan menyaring dan menyiapkan vendor-vendor terverifikasi serta berkualitas agar BUMN dapat berbelanja dan mendukung UMKM agar mampu go digital dan siap bersaing secara internasional.

Dikutip dari Media Sosial PaDi UMKM (29/12/20), PaDi UMKM siap memberikan tips agar kemasan layak untuk dipasarkan dan menarik minat pembeli pada toko yang di daftarkan di website pengadaan barang dan jasa BUMN ini, bagaimanakah kemasan yang baik dan menarik? Simak tips berikut ini.

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah buat daya Tarik visual yang kental. Ketika visual yang digambarkan sesuai dengan solusi yang ditawarkan oleh produk maka keunggulan yang hadir pada tampilan tersebut akan memberikan efek besar saat calon konsumen melihat produk yang ditawarkan tersebut. Daya Tarik visual tersebut bisa berupa logo yang nyentrik, warna yang estetik maupun bentuk yang menarik, semua pilihan tersebut dapat disesuaikan dengan fungsi yang produk dan jasa tersebut pasarkan. Ketika produk dan jasa tersebut dimiliki oleh competitor lain, maka kemasanlah yang akan membedakannya dan memberikan ingatan berbeda dari setiap penawaran.

Langkah kedua yang perlu dilakukan selanjutnya ialah cari yang ekonomis dan mudah dipakai serta digunakan, misalkan botol kemasan yang mudah dibawa saat bepergian maupun tas yang tidak begitu besar. Seperti smartphone yang mudah dibawa-bawa saat anak anak menggunakan untuk kelas online dengan fitur yang canggih namun tidak menyusahkan. Ataupun bentuk produk seperti botol kemasan yang dapat dimasukkan ke dalam tas kecil karena bentuknya yang unik dan botol tersebut dapat diisi ulang maksimal 3 kali pemakaian. Semua dapat disesuaikan dengan identitas produk yang ditawarkan.

Langkah ketiga yang harus dilakukan agar kemasan semakin menarik adalah tampilkan informasi produk yang jelas dan ringkas. Sebagai peminat produk yang sedang dicari, tentu tidak memungkiri bahwa informasi produk yang jelas dan ringkas ketika ditawarkan akan sangat membantu dalam jumlah pemakaian serta jumlah pembelian yang akan dipesan. Pentingan informasi tersebut akan mengurangi intensitas complain serta kendala saat transaksi.

Langkah keempat adalah wajib aman dan melindungi produk, seperti makanan kaleng yang mudah hancur maka kemasan tersebut harus disesuaikan agar produk di dalamnya sampai ketangan pembeli dengan selamat dan dapat dikonsumsi. Pentingnya detail produk saat dikemas akan mengurangi kendala serta complain saat produk tersebut dicoba pertama kali dan akan memberikan efek pembelian secara terus menerus jika layak digunakan.

Leave a Comment