4 Manfaat Yang Bisa Didapatkan Dengan Menggunakan Pompa ASI

Saat ini sudah ada alat yang membantu ibu untuk memerah asi. Alat tersebut biasa disebut dengan pompa ASI. Alat tersebut sangat membantu ibu untuk memerah ASI, karena alatnya yang simpel namun memiliki banyak manfaat yang memudahkan ibu untuk kembali melakukan aktivitas seperti biasa tanpa takut lupa memberi asi.

Terdapat 2 jenis breast pump yaitu pompa ASI elektrik dan manual. ASI yang sudah dipompa dapat diberikan langsung melalui botol susu untuk bayi ataupun disimpan di freezer dan diberikan nanti saat akan dikonsumsi. Selain kelebihan tersebut ada beberapa manfaat lain yang perlu anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Dapat Terhindar Dari ASI Yang Tersumbat

Perlu diketahui, bahwa tidak memerah ASI dalam waktu yang lama dapat menyebabkan penyumbatan pada payudara ibu, dan apabila dibiarkan secara terus menerus maka dapat mengakibatkan peradangan. Untuk itu memerah asi harus dilakukan secara rutin agar tidak terajadi penyumbatan.

Solusi untuk ini adalah dengan melakukan Pompa ASI secara rutin. Karena tidak setiap saat bayi membutuhkan asi, namun tubuh akan terus memproduksi ASI. Sehingga memompa asi menjadi salah satu alternatif  lain agar tidak terjadi penyumbatan. Setelah memompa ASI, maka diwajibkan untuk menyimpannya pada freezer dan dapat digunakan pada lain waktu.

  1. Waktu Untuk Menyusui Menjadi Terkontrol

Karena  memiliki stok ASI yang cukup melimpah, maka ibu tidak perlu khawatir lupa untuk menyusui si kecil. Dengan demikian ibu dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja kembali atau hanya sekedar liburan tanpa memikirkan kebutuhan asi anak. Karena ASI tersebut sudah tersedia di kulkas.

Untuk mempersiapkan ASI yang sudah dipompa juga tidak terlalu sulit, hanya dengan menghangatkan kembali asi tersebut dengan air hangat dan dapat diberikan kepada bayi yang membutuhkan asi. ASI yang disimpan dalam freezer mambu bertahan berhari-hari, dan apabila asi tersebut sudah berubah warna  maka sebaiknya segera dibuang.

  1. ASI Menjadi Lebih Melimpah

Dengan melakukan Pompa ASI secara rutin ternyata dapat menjadikan asi yang diproduksi semakin melimpah. Sehingga untuk ibu yang memiliki asi yang sedikit dapat memompa asi secara rutin agar asi yang didapatkan akan melimpah. Hal tersebut harus dilakukan secara rutin, karena asi yang melimpah tidak terjadi dalam waktu yang singkat.

Selain itu perlu didorong dengan ibu yang mengkonsumsi makanan yang bergizi dan memiliki kandungan untuk memperlancar dan memperbanyak asi. Sehingga asi yang dikeluarkan nanti memiliki kualitas yang bagus dan berlimpah.

  1. Dapat Meminta Tolong Orang Lain Untuk Memberikan ASI

Memompa asi dengan rutin tentunya di rumah memiliki stok asi yang cukup berlimpah untuk kebutuhan bayi. Sehingga ibu tidak menjadi satu-satunya orang yang memiliki tanggung jawab  untuk memberikan asi kepada bayi. Apabila ibu sedang tidak ada di rumah, dan si kecil membutuhkan asi, maka orang yang berada di rumah dapat memberikan asi yang ada di kulkas.

Dengan hal demikian, siapapun dapat menjaga si kecil tanpa perlu repot meminta bantuan ibu untuk memberikan ASI. Sehingga ibu tidak perlu khawatir lagi akan kebutuhan bayi tidak dapat terpenuhi. Hal ini sangat bermanfaat bagi ibu yang memiliki pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan. Harga pompa ASI memang terbilang tidak murah apalagi untuk jenis elektrik, namun sebanding dengan kualitasnya.

Itulah ulasan singkat tentang manfaat yang didapatkan dengan melakukan Pompa Asi. Manfaat yang didapatkan tentunya dapat memudahkan aktivitas ibu dan tidak menjadi halangan ibu untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, tanpa khawatir bayinya tidak mendapatkan nutrisi dari asi yang cukup. Dapatkan breast pump terbaik hanya di Blibli dengan harga yang terjangkau.

Leave a Comment